Tahun 2014 diramalkan akan menjadi
tahunnya bagi siapa yang mau bekerja keras untuk mendapatkan apa yang
diinginkannya. Tidak hanya bagi tiap individu, nampaknya hal ini juga
akan berlaku pada persaingan yang ada di dunia maya, salah satunya
adalah dalam hal kepopuleran sosial media di mata para penggunanya.
Setelah mendominasi selama beberapa
tahun belakang, Facebook memang masih akan menjadi salah satu sosial
media yang bisa bertahan di tahun 2014 ini. Namun apakah kepopulerannya
masih akan seterang seperti sebelumnya? Di sini siapa yang bisa
memberikan apa yang dibutuhkan orang saat ini, dialah yang akan menjadi
yang terdepan.
Terlebih dengan makin majunya
perkembangan dunia telekomunikasi, kini pengguna perangkat genggam
smartphone atau tablet juga kian menjamur. Hal tersebut memungkinkan
kita lebih mudah mengakses media sosial. Dampaknya aktifitas media
sosial bukan lagi hanya sebagai pengisi masa senggang namun sudah
menjadi kebutuhan bahkan lahan pekerjaan bagi siapa saja yang bisa
memanfaatkannya.
Kita lihat saja kini beberapa sosial
media sudah memasang ancang-ancang panjang menyambut tahun kuda kayu
2014. Twitter yang mulai melebarkan sayapnya dengan menambah beberapa
layanan baru, sosial media besutan Google – Google Plus yang menawarkan
kelebihan sinkronisasi berbagai layanannya, hingga beberapa sosial media
lain yang lebih berfokus pada layanan real time chating seperti WeChat,
KakaoTalk, Line dan masih banyak lainnya. Semuanya berlomba-lomba
menawarkan keunikan yang dimilikinya guna menggaet para masyarakat maya.
2014, Tahunnya Social Media Photo Sharing
Namun disadari atau tidak sejak
pertengahan tahun lalu, salah satu platform sosial media yang pelan tapi
pasti menyodok para pesaingnya adalah sosial media photo sharing. Yup,
sosial media photo sharing mulai menjadi primadona seiring makin
mudahnya orang menangkap momen-momen dengan berbagai perangkat
fotografinya.
Selain mudah dan simple, dengan berbagi
gambar atau foto sebenarnya kita tidak hanya menunjukkan apa yang sedang
kita lihat, kerjakan atau rasakan namun lebih dari itu kita bisa
menyampaikan pesan di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu nilai plus
kenapa social media photo sharing makin diminati.
Tidak hanya sebagai kebutuhan personal,
layanan berbagi foto kini juga mulai dilirik tangan-tangan kreatif dunia
bisnis. Para enterprenuer dan korporat sudah bisa menangkap celah
positif photo sharing sebagai media promosi dan perluasan bisnisnya. Dan
sosial media apakah yang diramalkan akan mengambil alih tampuk sosial
media terpopuler tahun ini? ialah Instagram.
Instagram Di Tahun 2014
Menurut beberapa pengamat media social
asing, Instagram memang memiliki potensi untuk makin menanjak di tahun
2014. Hal ini didorong oleh beberapa alasan yaitu:
#1. Alasan yang pertama adalah karena
orang akan lebih senang mengekspresikan dirinya lewat bentuk visual.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal ini tidak terlepas dari makin
mudahnya seseorang mengabadikan momen sehari-hari dengan perangkat
mulai dari telepon genggam, kamera saku bahkan kamera profesional yang
dulu masih cukup asing digunakan secara umum. Hal tersebut nyatanya
menjadikan photo sharing lebih banyak dibutuhkan, dan Instagram masuk ke
celah ini membawa layanan yang unik dan fungsional seperti editing foto
yang mudah dan variatif.
#2. Alasan yang kedua adalah saat ini
Instagram juga makin dilirik sebagai media promosi. Hal ini menunjukkan
bahwa angin segar dunia bisnis pun juga sudah mulai berhembus pada
Instagram. Tidak sedikit merk-merk ternama yang mulai memasang produknya
di platform tersebut. Tidak hanya itu kini banyak influencer seperti
media korporat hingga marketing yang telah memandang potensi dari
Instagram untuk menjaring lebih banyak audiance. Hal tersebut tentunya
akan membawa nama Instagram makin melambung ke depannya.
#3. Dan alasan yang terakhir adalah
Instagram dirasa belum sampai pada puncak kejayaannya. Seperti Facebook
di tahun 2012, atau mungkin sosial media “jadul” Friendster yang populer
pada pertengahan tahun 2008 semua pasti mempunyai titik puncak
popularitas dimana akan semakin banyak orang yang menjadi pengguna setia
sosial media tersebut, dan bukan tidak mungkin bahwa 2014 ini adalah
tahunnya Instagram berjaya. We’ll see. (maxmanroe.com
)Berikan Komentar Anda :
Tags artikel ini :
0 komentar: