Waktu itu sangatlah berharga karena setiap detik waktu yang telah hilang tidak bisa diambil atau diulang kembali. Kita dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan baik dengan cara memanage/mengaturnya. Dengan mengatur waktu, maka hidup kita akan jauh lebih bermakna. Nah, bagaimana cara mengatur waktu sehari-hari? Langsung saja kita simak yang pertama:
1. Buat Jadwal Kegiatan
Membuat
jadwal kegiatan itu sama mudahnya dengan membuat jadwal pelajaran. Atur
jam berapa Anda berangkat atau pulang dari sekolah/kuliah/tempat kerja.
Pastikan seluruh tugas Anda baik di rumah maupun di luar rumah selesai
hari ini juga. Kemudian pasanglah jadwal kegiatan tersebut di tempat
yang menurut Anda paling strategis seperti di kamar tidur atau disimpan
di depan laptop. Dengan membuat jadwal kegiatan, Anda akan tahu apa yang
harus Anda lakukan saat ini.
2. Periksa Jadwal Kegiatan Setiap Hari
Terkadang
kegiatan yang kita lakukan tidak selalu seperti yang kita harapkan.
Bisa saja besok ada undangan pernikahan atau menjenguk saudara di rumah
sakit atau kegiatan mendadak lainnya yang mau tidak mau harus merubah
jadwal kegiatan Anda. Jadi, selalu periksa jadwal kegiatan Anda setiap
Anda hendak tidur. Ingat-ingatlah janji-janji pertemuan Anda dengan
teman Anda yang mungkin akan dilakukan besok. Susunlah kembali jadwal
kegiatan Anda supaya kegiatan yang rutin dilakukan tidak menjadi kacau
tidak terurus.
3. Beri Waktu Luang
Berilah
sedikit waktu luang (terutama pada akhir pekan) pada jadwal kegiatan
Anda. Ini bertujuan supaya jika nanti ada kegiatan yang mendadak, Anda
bisa menempatkan kegiatan yang tertunda itu saat waktu luang tiba.
Sehingga Anda tidur tidak terlalu larut malam.
4. Jangan Menunggu!
Jika
misalnya tugas yang Anda perkirakan akan dikerjakan mulai dari pukul
17.00-18.00 dan ternyata tugas itu selesai pada pukul 17.30, maka
janganlah menunggu 30 menit lagi untuk mengerjakan tugas yang seharusnya
dimulai pukul 18.00. Kerjakanlah sekarang! 30 menit—atau bahkan
kurang—itu sangatlah berharga. Bisa saja tugas selanjutnya akan lebih
memakan banyak waktu. Atau mungkin Anda bisa menghemat waktu 1 jam
setelah selesai mengerjakan semua tugas untuk hari ini. Jadi, Anda bisa
menggunakan waktu 1 jam itu untuk istirahat atau melakukan hal yang Anda
suka.
5. Selalu Catat
Selalu
catat apa tugas yang mungkin Anda lakukan. Entah itu PR dari sekolah
atau deadline pekerjaan dari kantor. Catatlah di smartphone Anda. Anda
juga bisa mencatatnya di buku saku kecil yang memang diperuntukkan untuk
itu atau dengan menggunakan Post-It lalu tempel pada tempat yang paling
strategis bagi mata Anda. Jadi, Anda tidak akan pernah lupa dengan
tugas yang akan dilakukan.
6. Disiplin!
Jika
Anda bertekad untuk memanage waktu, maka Anda harus belajar disiplin
mulai sekarang juga. Janganlah menunda-nunda waktu Anda. Usahakan tugas
Anda selesai tepat waktu atau kurang dari waktu yang telah Anda
tentukan. Setelah semua tugas selesai, periksalah catatan Anda untuk
memastikan bahwa tidak ada tugas yang belum Anda selesaikan. Jangan
gunakan waktu kerja untuk istirahat dan jangan gunakan waktu istirahat
untuk bekerja!
sumber: http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/04/6-cara-memanage-waktu-sehari-hari.html
Berikan Komentar Anda :
Tags artikel ini :
0 komentar: